Kamis, 21 April 2011

black hole

*asal mula lubang hitam/black hole



lubang hitam tercipta ketika suatu objek tidak bisa bertahan dari tekana gaya gravitasinya sendiri.tidak selamanya suatu objek menjadi lubang hitam contohnya bumi.tekanan gravitasi bumi tidak melebihi dari kekuatan atom dan nuklir

Ini terbentuk ketika sebuah bintang yang telah menghabiskan seluruh bahan bakarnya ambruk hancur ke dalam dirinya sendiri, dan akhirnya berubah menjadi sebuah lubang hitam dengan kerapatan tak hingga dan volume nol serta medan magnet yang amat kuat.

*landasan teori
Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell dan Pierre-Simon , selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl , pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert , dan semakin dipopulerkan oleh Stephen  . Pada saat ini banyak astronom yang percaya bahwa hampir semua galaksi dialam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi.

Adalah Jhon pada tahun 1967 yang memberikan nama "Lubang Hitam" sehingga menjadi populer di dunia bahkan juga menjadi topik favorit para penulis fiksi ilmiah. Kita tidak dapat melihat lubang hitam akan tetapi kita bisa mendeteksi materi yang tertarik / tersedot ke arahnya. Dengan cara inilah, para astronom mempelajari dan mengidentifikasikan banyak lubang hitam di angkasa lewat observasi yang sangat hati-hati sehingga diperkirakan di angkasa dihiasi oleh jutaan lubang hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar